Jakarta, 13- 14 Maret 2021, STIKes RSPAD Gatot Soebroto mengadakan kegiatan Bela Negara. Bela Negara yang semula diadakan di PUSDIKKES kali ini secara virtual di karenakan pendemi yang masih melanda Indonesia. walaupun di masa pandemi, Bela Negara yang di ikuti oleh Prodi S1 Kebidanan dan Prodi D3 Keperawatan STIKes RSPAD Gatot Soebroto tidak mematahkan semangat mereka, justru membuat mahasiswa/mahasiswi STIKes RSPAD Gatot Soebroto menjadi lebih bersemangat.

Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga yang dijiwai oleh kecintaannya kepada tanah air.  Mahasiswa sebagai agent of change dan social control. Agent of change yaitu suatu tindakan yang membawa suatu keadaan dari kondisi yang kurang baik ke kondisi yang lebih baik, dan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. “Selalu dari pemikiran mahasiswa harus ada pemikiran hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, hari besok harus lebih baik dari hari ini. Pemikiran-pemikiran yang individualisme dari mahasiswa seharusnya dibuang dan beralih pada pemikiran sosial dengan mewujudkan kehidupan bernegara dan bernegara”. Mahasiswa di harapkan mampu berfikir untuk mengembalikan dan mengubah kondisi negara kita ini menjadi negara ideal dan mampu bersaing. Perubahan sangat diperlukan untuk tercapainya keidealismean di di dunia ini, namun, dengan tidak menghilangkan jati diri sebagai mahasiswa dan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang sopan, ramah, bermoral dan memiliki akhlak yang mulia.

Kegiatan bela negara mahasiswa diselenggarakan, karena semakin besar tantangan yang dihadapi bangsa dan semakin kompleks ancaman sebagai akibat dari perkembangan global. Arus globalisasi dan modernisasi memberikan pengaruh yang besar terhadap identitas bangsa, bahkan dapat mengancam budaya bangsa sehingga mahasiswa sebagai kader terdidik harus mengambil peran aktif melalui mahasiswa bela negara. Ancaman dari luar maupun ancaman dari dalam dapat ditangkal, apabila generasi muda mempunyai rasa nasionalisme dan kecintaan kepada tanah air yang kuat untuk melindungi dan membela negara dengan wawasan intelektual yang dimiliki.

DOKUMENTASI KEGIATAN BELA NEGARA