Selasa, 21 Febuari 2023 STIKes RSPAD Gatot Soebroto melakukan sosialisasi Aplikasi SISTER dan SIJALI yang di luncurkan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI secara Luring

SISTER (Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi) adalah sebuah aplikasi atau sistem informasi yang digunakan untuk mengelola sumber daya manusia dan administrasi di lingkungan perguruan tinggi atau lembaga pendidikan. SIJALI (Sistem Informasi Jenjang Jabatan Akademik) adalah sebuah sistem informasi yang digunakan untuk mengelola jenjang jabatan akademik dosen di Indonesia. Sistem ini dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan akuntabilitas pengelolaan jabatan akademik dosen. Sosialisasi ini menghadirkan Prita Ekasari ST, M.MSI dan Fiqih Hidayah S.Kom sebagai narasumber dari LLDikti Wilayah 3. Dalam materi yang di sampaikan, Bu Prita dan Pak Fiqih mengatakan bahwa aplikasi ini memungkinkan setiap layanan informasi tridharma saling terhubung sehingga akses portofolio,  riwayat  pengajaran,  penelitian  dan  pengabdian  masyarakat dapat terintegrasi ke dalam satu aplikasi SISTER sebagai bukti Beban Kerja Dosen (BKD) untuk kepentingan pengembangan kompetensi dan karir Dosen yang bersangkutan.

Kegiatan ini berjalan lancar dari tahapan persiapan oleh panitia sampai dengan selesainya acara. Para peserta yang merupakan Dosen Prodi D3 Keperawatan, S1 Kebidanan dan S1 Keperawatan STIKes RSPAD Gatot Soebroto mengikuti Sosialisasi SISTER dan SIJALI ini dengan tertib dan antusias. Dalam kegiatan ini, para dosen mendapatkan segala informasi yang berguna untuk mengelola akun SISTER dan SIJALI Dosen secara mandiri serta mendapatkan pelatihan bagaimana cara menginput data berupa hasil publikasi penelitian ataupun pengabdian masyarakat.

Diharapkan dari kegiatan ini, penggunaan akun SISTER dan SIJALI tidak lagi menjadi sesuatu yang asing lagi Dosen di STIKes RSPAD Gatot Soebroto dalam mengelola dan memahami penggunaan Aplikasi SISTER guna melaporkan Beban Kerja Dosen setiap Semesternya.